• Kegiatan Reakreditasi Jurusan Peternakan 2017
  • Rapat Kerja Fakultas Pertanian Jurusan Peternakan
  • Rekrontruksi Kurikulum Program Studi Peternakan
  • Rapat Kerja Jurusan Peternakan Kampus Merdeka - Merdeka Belajar
  • Rekontruksi Kulikulum Prodi Peternakan
  • Kegiatan Praktek Lapangan Mahasiswa Peternakan
  • Rapat rutin Jurusan Peternakan 2021
  • ASIIN PET

Predikat Kompeten 99.75 % untuk Mahasiswa dan 100 % untuk Dosen pada Uji Kompetensi Tahap 1 di Prodi Peternakan FP USK

Kegiatan TUK bidang Unggas telah dilaksanakan dari 21-23 Juni 2022 di Lingkungan Fakultas Pertanian dan Laboratorium Lapangan Peternakan, Darussalam, Banda Aceh. Kegiatan uji kompetensi ini diselenggarakan dengan metode ujian tulis, ujian lisan, dan ujian praktek dengan cara unjuk keterampilan oleh asesi yang diuji satu persatu. Pada saat ujian lisan dan praktek peserta menggunakan alat pelindung diri lengkap (APD) berupa spatu boot, wearpack, sarung tangan kain, masker, dan hairnet.

WhatsApp Image 2022 06 29 at 07.41.51

Panitia Pelaksana Uji Kompetensi Tahap 1 adalah pengurus TUK Mandiri Peternakan bekerja sama dengan dosen dan laboran Prodi Peternakan yang ditugaskan, serta anggota Peer Group Laboratorium Ilmu dan Teknologi Produksi Ternak Unggas untuk melakukan pembekalan (Short Training). Peserta uji kompetensi yang mengikuti tes berjumlah 40 mahasiswa Jurusan Peternakan Angkatan 2016-2019 dengan jumlah 20 orang per skema. Sedangkan dosen yang mengikuti tes kompetensi terdiri dari 3 orang. Tim asesor terdiri dari 2 orang dan 1 orang administrator yang berasal dari Lembaga Sertifikasi Profesi Peternakan Indonesia, yaitu Ir. Patwi Sihbujanti, MM dengan nomor MET 000.009489 2015 dan Ir. Etty Savitri, M.Ed nomor MET 000.004700 2016. Adapun seorang admin bernama Dea Nityastari, S.Sos.

Materi uji untuk Skema Operator Pencampur Pakan terdiri dari Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), biosecurity, pengenalan bahan pakan, mencampur bahan pakan unggas, menghitung jumlah kebutuhan pakan, dan menyimpan bahan pakan. Sedangkan materi uji untuk Skema Operator Farm Unggas Petelur terdiri atas Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), biosecurity, menyiapkan kandang produksi, mengelola unggas periode grower, dan mengelola unggas periode layer. Peserta bernama Muhammad Faris Ariga terpilih menjadi peserta dengan predikat sangat baik pada saat melakukan uji dari Skema Operator Farm Unggas Petelur. Adapun dosen yang lulus dari tes kompetansi ini, yaitu Dr. Zuraida Hanum S.Pt. M.Si dengan kualifikasi Pelaksana Pertanian (Agri Food Operation/K3 Group Peternak), Hendra Koesmara, S.Pt. M.Sc dengan Kualifikasi Level III Penggemukan Ternak (Pen Riding) dan Zikri Maulina Gaznur, S.Pt. M.Si. dengan kualifikasi Skema Okupasi Butcher Yunior. Status kompetensi yaitu berhasil memperoleh 99,75 % mahasiswa dengan predikat kompeten dan 100% dosen lulus kompetensi. Ketua Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian USK Prof. Dr. Ir. Eka Meutia Sari, M.Sc menyambut baik keberhasilan ini. “Kegiatan Uji Kompetensi mahasiswa dan dosen Jurusan Peternakan telah terlaksana dengan baik. Terimakasih kepada seluruh tim yang sudah bekerja sama, dan berita baiknya 99,75% mahasiswa dan 100% dosen yang diuji telah lulus dengan predikat kompeten”, sambutnya dengan senyum puas di saat penutupan acara.

Selaku Ketua TUK Ir. Asril, M.Rur. Sc menyampaikan ucapan terimakasih, “Alhamdulillah kegiatan uji kompetensi mahasiswa yang dilaksanakan melalui TUK kita sudah selesai dengan baik. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Bapak/Ibu yang sudah bekerja, berupaya sehingga semua terlaksana dengan baik karena ini kali pertama kita lakukan dengan swadaya untuk mendatangkan asesor. Sekali lagi terimakasih atas segalanya.” Tuturnya pada saat penutupan tes uji kompetensi Tahap 1. Uji kompetensi ini menjadi sebuah usaha bagi Prodi Peternakan agar dapat menyiapkan lulusan yang siap berkompetisi di dunia kerja dengan skala nasional.  (AT)

Info FP Unsyiah

25 September 2022

Pengunjung Online

We have 437 guests and no members online

Fan Page Peternakan

Articles View Hits
185472